Program Studi Magister Ilmu Peternakan Unud Gelar Lokakarya Pengembangan Kurikulum

Lokakarya Pengembangan Kurikulum yang diselenggarakan Program Magister Ilmu Peternakan UNUD

DENPASAR, Balitopnews.com - Fakultas Peternakan Universitas Udayana melalui Program Studi Magister Ilmu Peternakan menyelenggarakan Lokakarya Pengembangan Kurikulum dengan tema Pengembangan Kurikulum Magister Ilmu Peternakan Menuju Internasional, di Aula Pascasarjana Kampus Sudirman Denpasar, Kamis (27 Juli 2023). Lokakarya dibuka Rektor Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng, IPU. 

Ketua Panitia Dr. Ir. Ni Luh Gde Sumardani, S.Pt.,M.Si menyampaikan Lokakarya Kurikulum ini merupakan lanjutan dari kegiatan Evaluasi Kurikulum Magister Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Udayana yang telah diselenggarakan bulan Februari 2023. Lokakarya ini bertujuan untuk menyempurnakan kurikulum dan menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan IPTEKS dan kebutuhan stakeholder. Mengingat ke-spesifikan dari Program Studi Magister Ilmu Peternakan ini adalah untuk menghasilkan karya inovatif dan prospektif bagi institusi, industri peternakan, dan lapangan kerja, berbasis kearifan lokal atau yang lebih spesifik adalah pengembangan ternak dan lingkungan. 

Sementara itu Dekan Fakultas Peternakan Unud Dr. Ir. I Nyoman Tirta Ariana, M.S.,IPU menyampaikan Fakultas Peternakan tidak tinggal diam dengan posisi unggul di program studi, dan akan bergerak ke perbaikan mutu dan kurikulum serta mutu yang mengarah ke internasionalisasi. Semua mata kuliah harus disesuaikan, RPS akan diperbaiki, standar yang mengarah menuju internasional akan diperbaiki lewat lokakarya ini. Harapannya akan menghasilkan pengelolaan program studi yang menuju internasionalisasi, sehingga nantinya memiliki networking dengan perguruan tinggi yang selevel di luar negeri.

Sedangkan Rektor Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng, IPU mengatakan, modal Fakultas Peternakan adalah terakreditasinya S1-S3 Unggul, kemudian akan didorong untuk mengikuti akreditasi internasional. Oleh karena itu kurikulum menjadi program yang sangat penting, terlebih Fakultas Peternakan, khususnya Program Studi Magister akan menuju akreditasi ASIIN, sehingga pembenahan kurikulum menjadi penting. Ia berharap Fakultas Peternakan segera bertransformasi menjadi fakultas modern, sehingga dapat mendukung intenasionalisasi.

https://www.unud.ac.id/in/berita5790-Sesuaikan-Kurikulum-Program-Studi-Magister-Ilmu-Peternakan-Gelar-Lokakarya-Pengembangan-Kurikulum.html(gix)


TAGS :

Komentar