Sidang Promosi Doktor I Putu Agus Santana

Promovendus I Putu Agus Santana, S.T., M.M mengikuti Ujian Promosi Doktor

DENPASAR, Balitopnews.com - Promovendus I Putu Agus Santana, S.T., M.M mengikuti Ujian Promosi Doktor, Senin (7 Agustus 2023) dengan  Disertasi "Determinan Kinerja Usaha Berbasis Budaya Menyama Beraya Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Perkampungan Warga Bali Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Mataram".

Ia menjelaskan tujuan penelitian ini untuk mengkaji implementasi modal sosial melalui Budaya Menyama Beraya yang keberadaanya dipandang lebih luas dari pemahaman modal sosial pada umumnya. Budaya Menyama Beraya mengandung unsur religiusitas yang mengajarkan yadnya (ajaran ikhlas/tanpa pamrih) sehingga memicu sikap toleransi, semangat gotong-royong, loyalitas, kuatnya ikatan bathin, dan menjaga hubungan baik antar sesama pengusaha pada kelompok pasemetonan yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja usaha dan mensejahterakan keluarga.

Hasil penelitian menjelaskan bahwa Sumber Daya Keluarga mampu meningkatkan Inklusi Keuangan dan Kinerja Usaha, sedangkan belum mampu meningkatkan Kesejahteraan Keluarga tanpa melalui Kinerja Usaha. Selanjutnya Literasi Keuangan belum mampu meningkatkan Inklusi Keuangan, Kinerja Usaha dan Kesejahteraan Keluarga baik pada hubungan langsung maupun tidak langsung. Selanjutnya Budaya Menyama Beraya mampu meningkatkan Inklusi Keuangan, dan keduanya juga mampu meningkatkan Kinerja Usaha dan Kesejahteraan Keluarga. Terakhir, Budaya Menyama Beraya Memoderasi hubungan Sumber Daya Keluarga terhadap Inklusi Keuangan pelaku usaha keluarga perkampungan warga Bali di Kota Mataram pada masa pandemi Covid-19.

Adapun Promotor dari Promovendus adalah Prof. Dr. Made Suyana Utama, S.E, M.S. serta Kopromotor Dr. Ida Bagus Putu Purbadharmaja, S.E., M.E. dan Kopromotor II Dr. Ni Putu Wiwin Setyari, S.E., M.Si. 

Ujian Promosi Doktor dipimpin Ketua Sidang  Koprodi Ilmu Ekonomi FE Unud, Prof. Dr. Ni NyomanYuliarmi, S.E., M.P. Promovendus berprofesi sebagai Tenaga Pengajar di Universitas Mahasaraswati Denpasar PSDKU Mataram, dan aktif diberbagai organisasi keumatan. Promovendus berhasil lulus ujian dengan predikat Sangat Memuaskan.

https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3397-SIDANG-PROMOSI-DOKTOR-I-PUTU-AGUS-SANTANA-S-T-M-M-PROGRAM-STUDI-DOKTOR-ILMU-EKONOMI-FAKULTAS-EKONOMI-DAN-BISNIS-UNIVERSITAS-UDAYANA.html(gix)


TAGS :

Komentar