BEM Fakultas MIPA Unud Gelar Bulan Pengabdian di SD Gadung Sari Selemadeg Timur Tabanan

BEM Fakultas MIPA Unud foto bersama murid SDN 1 Gadung Sari Selemadeg Timur Tabanan

 

TABANAN,Balitopnews.com  – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana, mengadakan  “Bulan Pengabdian 2023” yang berlangsung selama empat hari di
SDN 1 Gadung Sari, Selemadeg Timur, Tabanan.

Bulan Pengabdian 2023 tersebut berlangsung dari hari Sabtu tanggal 19 Agustus 2023 sampai Selasa tanggal 22 Agustus 2023. Bertemakan  “Swagati Satya Jayaning Vidya Jagadhita” yang berarti  pengabdian dengan penuh ketulusan dan kesetiaan demi menggapai sinar pengetahuan yang mulia akan menciptakan kesejahteraan bersama.

Melalui kegiatan Bulan Pengabdian 2023 diharapkan dapat bermanfaat bagi perkembangan SDN 1 Gadung Sari yang sempat terkena musibah tanah longsor. Akibatnya atap sekolah ambruk dan keenam kelas diungsikan ke dua ruangan yang tersisa.

Program ini bertujuan membangun kepekaan mahasiswa melalui pengabdian dan pengajaran serta menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan alam dan lingkungan sosial.
Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi dua kegiatan yang berpatokan pada dua poin dalam Tri Hita Karana yaitu Pawongan dan Palemahan. Dalam hal Pawongan atau hubungan manusia dengan manusia, mengambil berupa kegiatan belajar mengajar di SDN 1 Gadung Sari. Selanjutnya, beralih pada Palemahan atau hubungan manusia dengan lingkungan mengambil kegiatan pembersihan dan penghiasan lingkungan sekolah.

Hari pertama kegiatan, diawali dengan pembukaan dan perkenalan antara para siswa SD dengan relawan. Hari kedua diisi dengan kegiatan senam bersama para siswa, bermain permainan tradisional, kebersihan serta pengecatan tiang bendera. Kegiatan akademis yakni literasi, numerasi, dan teknologi dilaksanakan pada hari ketiga kegiatan. Dilanjutkan dengan hari keempat sebagai penutup dari kegiatan Bulan Pengabdian 2023.
Kegiatan Bulan Pengabdian 2023 diterima dengan baik oleh pihak desa maupun pihak sekolah. “Bapak sangat berterimakasih atas program kerja yang telah adik-adik mahasiswa jalankan di sekolah ini. Interaksi dengan siswa-siswa sudah sangat baik. Bapak berharap kita tetap bisa menjalin hubungan yang baik bahkan setelah kegiatan ini berakhir," jelas Kepala Sekolah SDN 1 Gadung Sari, I Nyoman Widana.
Tidak lupa panitia kegiatan memberikan kenang-kenangan serta donasi untuk SDN 1 Gadung Sari. Panitia penyelenggara berharap bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk perkembangan SDN 1 Gadung Sari.(Rls/Btnc)


TAGS :

Komentar