Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste Ikuti Pelatihan di Universitas Udayana

Pelatihan Internasional Analisis Tanah, Teknologi Pemuliaan Tanaman, dan Teknologi Pascapanen bagi Staf Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste

DENPASAR, Balitopnews.com - Program Studi Magister Pertanian Lahan Kering, Fakultas Pertanian Universitas Udayana  bekerjasama dengan Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste menyelenggarakan Pelatihan Internasional Analisis Tanah, Teknologi Pemuliaan Tanaman, dan Teknologi Pascapanen bagi Staf Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste, di Ruang Senat Unud Gedung Agrokomplek Denpasar, Senin (21 Agustus 2023).

Dr. Ir. Gede Wijana, M.S. selaku Ketua Penyelenggara melaporkan peserta pelatihan ini berjumlah 13 orang yang terbagi dalam 3 kelas. Peserta disamping mendapatkan teori dan praktek di kampus, juga praktek kerjasama dengan kelompok tani pengolah cacing, kelompok tani kinar yang ada di Desa Megati, Tabanan. Selain itu juga akan dilaksanakan pengabdian internasional untuk mendukung kegiatan hari ulang tahun Fakultas Pertanian Unud ke-56 dan Badan Kekeluargaan Fakultas Pertanian (BKFP) yang ke-45.

Dekan Fakultas Pertanian Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gede Ustriyana, M.M. menyampaikan  terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste kepada Fakultas Pertanian Unud sebagai tempat untuk meningkatkan kompetensi staf di bidang pertanian.

Sementara itu Direktur General Kerjasama dan Pengembangan Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste Dr. Cesar Jose d Crus menyampaikan, ini merupakan kesekian kalinya Kementerian Pertanian, Perikanan, Peternakan dan Kehutanan Timor Leste mengirimkan staf ke Fakultas Pertanian Unud untuk mengikuti pelatihan. Dengan dilaksanakannya pelatihan ini diharapkan para peserta nantinya mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya untuk diterapkan sekembalinya dari Bali. 

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, M.P., IPU juga menyampaikan Perjanjian Kerjasama sangat bermanfaat untuk Timor Leste dan Universitas Udayana. Kerjasama ini sangatlah diperlukan oleh Unud karena merupakan kerjasama internasional yang diperlukan untuk akreditasi program studi maupun akreditasi Universitas Udayana. Wakil Rektor berharap kerjasama ini kedepannya terus ditingkatkan untuk mendapatkan manfaat bagi kedua belah pihak.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan surat Perjanjian Kerjasama antara Magister Pertanian Lahan Kering Universitas Udayana dengan Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste.

https://www.unud.ac.id/in/berita5844-Pentingnya-Pengelolaan-Lahan-Kering-Kementerian-Pertanian-dan-Perikanan-Timor-Leste-Kirim-Staf-Ikuti-Pelatihan-di-Universitas-Udayana.html(gix)


TAGS :

Komentar