Wakil Rektor III Unud Jadi Narasumber FGD Pengembangan Kewirausahaan Nasional

Wakil Rektor III Unud Jadi Narasumber FGD

MANGUPURA, Balitopnews.com - Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Ngakan Putu Gede Suardana mewakili Rektor Universitas Udayana ditunjuk sebagai Narasumber dalam Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Kewirausahaan Nasional dengan tema “Kolaborasi Kewirausahaan: Membangun Sinergi untuk Wirausaha Masa Depan" yang diselenggrakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Senin (21 Agustus 2023). Topik yang disampaikan Prof. Ngakan Putu Gede Suardana tentang Peran Perguruan Tinggi dalam Menumbuhkan Wirausaha di Kalangan Mahasiswa.

FGD ini juga menghadirkan Direktur Pengembangan Koperasi dan UKM Bappenas  dengan materi Arah dan Kebijakan Program Pengembangan Kewirausahaan Nasional, Asdep Pemberdayaan Eknomi Masyarakat dan Kewirausahaan Kemenko Perekonomian dengan materi Penguatan Kerja Sama Lintas Sektor dalam Pengembangan Kewirausahaan, Direktur SUPD III-Kementerian Dalam Negeri dengan materi Kebijakan dan Regulasi mendukung Pengembangan Kewirausahaan Nasional di Daerah, dan Komunitas TDA (TBC) dengan materi Dukungan Komunitas Dalam Penumbuhan dan Pengembangan Wirausaha.

Kegiatan ini dilaksanakan guna mendukung Pengembangan Kewirausahaan Nasional sekaligus sebagai upaya peningkatan rasio kewirausahaan, Kementerian Koperasi dan UKM untuk mengakselerasi geliat masyarakat khususnya anak muda, sekaligus memperkuat sinergi antar pemangku kepentingan dalam mendukung ekosistem kewirausahaan. Adapun tujuan dari FGD ini adalah untuk memasyarakatkan dan mensosialisasikan Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional; mendorong sinergi antar pemerintah pusat dan daerah, serta berbagai stakeholder dalam pengembangan kewirausahaan nasional;  serta mendapatkan masukan dan rekomendasi dari para stakeholder sebagai bahan penyusunan program pengembangan kewirausahaan nasional.

Salah satu poin penting dalam model bisnis pengembangan kewirausahaan nasional yakni keterlibatan seluruh stakeholder (lembaga pendidikan, sektor swasta, lembaga inkubator, komunitas, pemerintah daerah dll) di Indonesia yang sangat krusial. Peran perguruan tinggi juga sangat penting, salah satunya dengan mendorong spin-off kewirausahaan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga, melahirkan wirausaha yang memiliki inovasi, kompetitif, serta siap tarung, baik di pasar domestik maupun global. Adapun peran komunitas adalah sebagai agregator usaha yang memfasilitasi pelaku usaha untuk menggunakan jejaring usaha untuk menyediakan dukungan dan fasiitasi terhadap akses pasar, distribusi, dan akses bahan baku secara luas, termasuk menjadi jembatan bagi implementasi kebijakan dan program pemerintah yang terus berkembang secara dinamis seiring perkembangan zaman dan tren ekonomi global.

https://www.unud.ac.id/in/berita5847-Wakil-Rektor-III-Universitas-Udayana-Hadir-sebagai-Narasumber-FGD-Pengembangan-Kewirausahaan-Nasional-Sampaikan-Topik-Peran-Perguruan-Tinggi-dalam-Menumbuhkan-Wirausaha-di-Kalangan-Mahasiswa.html(gix)


TAGS :

Komentar