180 Dosen PTN/PTS se-Bali Ikuti Pelatihan Pekerti di Universitas Udayana

Pelatihan Pengembangan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) Tahun 2023

MANGUPURA, Balitopnews.com - Universitas Udayana melalui Lembaga Pengembangan, Pembelajaran, dan Penjaminan Mutu (LP3M) menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) Tahun 2023 yang dibuka Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. I Gede Rai Maya Temaja, Senin (21 Agustus 2023). Pelatihan Pekerti ini akan berlangsung secara daring selama 6 hari dari tanggal 21 s/d 26 Agustus 2023, diikuti 180 orang dosen pendidik yang berasal dari Pergutuan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Bali. 

Ketua LP3M Prof. I Nengah Sujaya menyampaikan, target penyelenggaraan Pekerti ini adalah memberikan pelatihan bagi dosen muda, karena umumnya dosen yang baru diangkat dominan tidak berasal dari institusi atau Perguruan Tinggi Keguruan, sehingga kurang memahami teknik mengajar agar mahasiswa mudah memahami dalam proses pembelajaran. Untuk itu pentingnya dosen muda dilatih cara mengajar, kemudian sebelumnya terdapat rangkaian bagaimana mempersiapkan bahan ajar atau materi pembelajaran dan bagaimana cara mengajar dan menilai hasil ajar.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Udayana, Prof. I Gede Rai Maya Temaja menyampaikan pelatihan Pekerti ini dibutuhkan bagi Perguruan Tinggi untuk menyusun strategi khusus dalam menyikapi mutu pendidikan dan variasi penguasaan iptek. Universitas Udayana dipercaya sebagai intistusi yang boleh melakukan pelatihan Pekerti karena instutisi yang diperbolehkan memberikan sertifikat pelatihan dan dapat diakui oleh Kementerian.

Pada hakekatnya pengelolaan pendidikan di Unud didasarkan pada nilai-nilai luhur budaya lokal yang menjadi acuan pengembangan dasar dari civitas akademika Unud, yaitu Tri Hita Katana, lambang Widya Cakra Prawartana, dan motto Unud yaitu Taki-takining Sewaka Guna Widya. Wakil Rektor juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para fasilitator yang bersedia berbagi dalam pelatihan ini dan berharap agar para fasilitator secara maksimal membekali, memberi arahan dan bimbingan kepada para peserta.

https://www.unud.ac.id/in/berita5848-180-Orang-Dosen-Pendidik-yang-Berasal-dari-PTN-PTS-se-Bali-Ikuti-Pelatihan-Pekerti-di-Universitas-Udayana.html(gix)


TAGS :

Komentar