Fakultas Pertanian Unud Gelar Seminar dan Workshop Penguatan Budidaya Tanaman Hias

Seminar dan Workshop Nasional Penguatan Budidaya dan Bisnis Tanaman Hias

DENPASAR, Balitopnews.com - Fakultas Pertanian Universitas Udayana menyelenggarakan Seminar dan Workshop Nasional Penguatan Budidaya dan Bisnis Tanaman Hias, di Aula Gedung Pascasarjana Kampus Sudirman Denpasar, Selasa (22 Agustus 2023). 

Kegiatan ini menghadirkan empat narasumber  yakni Ni Wayan Srilaba dari DPD Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) wilayah Bali/Duta Orcid, Muhammad Bima Atmaja, M.Sc. dari Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Prof. Ir. I Gusti Agung Ayu Ambarawati, M.Ec., Ph.D (Akademisi dan Guru Besar Fakultas Pertanian Unud), dan I Gusti Agung Ngurah Fajarhari Raharja, S.Pt. dari Bali Adenium Dewata. Kegiatan ini juga merupakan salah satu rangkaian menyambut Hari Ulang Tahun Ke-56 Fakultas Pertanian dan Badan Kekeluargaan Ke-45, serta Dies Natalis Ke-61 Universitas Udayana.

Ketua Panitia I Made Agus Dharmadiatmika, SP., MT  mengungkapkan latar belakang pemilihan tema berkaitan dengan tanaman hias merupakan komoditi yang memiliki nilai komersial dikarenakan keberadaan tanaman hias di pekarangan dan di dalam ruangan mampu meningkatkan estetika dan meningkatkan sebuah gengsi. Hal lain adalah melihat prospek agribisnis florikultura yang masih baik di pasar domestik maupun mancanegara. Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam mengembangkan agribisnis tanaman hias dikarenakan memiliki potensi fisik dengan wilayah yang luas, agroklimat tropis dan agroklimat subtropis mirib di dataran tinggi dengan keanekaragaman sumber daya florikultura yang cukup besar.

Tujuan dari seminar dan workshop ini adalah peserta memperoleh informasi dan pengetahuan mengenai penguatan bisnis tanaman hias, Kelestarian Alam sebagai Investasi Bisnis, Mengoptimalkan Potensi Pasar melalui Konservasi Anggrek, teknik budidaya tanaman hias khususnya anggrek dan adenium, perawatan penyakit dan pengendaliannya, serta produksi dan pemasaran bisnis tanaman hias. Peserta mendaftar berjumlah 143 orang yang berasal dari berbagai kalangan yaitu: DLHK Kota Denpasar, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, Universitas Warmadewa, Universitas Mahasaraswati, BRIN, Universitas Udayana, Asosiasi Bali Adenium Dewata, Kubu Daun, Mahasiswa, dan Alumni.

Sementara Dekan Fakultas Pertanian Unud Prof. I Nyoman Gede Ustriyana menyampaikan usaha agribisnis tanaman hias merupakan usaha yang tidak bisa dipandang sebelah mata, usaha ini sedang berkembang cukup pesat diiringi pembangunan perekonomian di pasca covid 19. Tanaman hias tidak hanya berperan dalam pembangunan sektor pertanian akan tetapi berperan juga dalam sektor agrowisata. Perkembangan agrowisata yang memanfaatkan usaha pertanian sebagai obyek wisata membuat bisnis tanaman hias memiliki prospek yang menjanjikan untuk dikembangkan.

"Melihat latar belakang dan manfaat tersebut, oleh karena itu dengan diadakannya seminar dan workshop nasional, kami berharap dapat dijadikan wahana bagi para akademis, praktisi dan penghobi dalam bertukar pikiran dalam upaya memperkuat budidaya dan bisnis tanaman hias kedepannya," ujarnya.

https://www.unud.ac.id/in/berita5852-Fakultas-Pertanian-Universitas-Udayana-Gelar-Seminar-dan-Workshop-Nasional-Penguatan-Budidaya-dan-Bisnis-Tanaman-Hias.html(gix)


TAGS :

Komentar