Inkubator Bisnis LPPM Unud Gelar Sosialisasi Perusahaan Pemula Berbasis Riset (PPBR)

Pembukaan Inkubator Bisnis untuk Pemula Berbasis Riset

DENPASAR, Balitopnews.com - Inkubator Bisnis (Inbis) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana melaksanakan Sosialisasi Perusahaan Pemula Berbasis Riset (PPBR) serangkaian Dies Natalis Universitas Udayana yang ke-61 dengan tema “Pembentukan Startup dalam rangka Percepatan Hilirisasi dan Komersialisasi Hasil Riset Perguruan Tinggi” Senin (28 Agustus 2023) di Aula Lantai 3 Gedung Pascasarjana Universitas Udayana Kampus Sudirman, Denpasar. 

Kegiatan ini diikuti 40 peserta yang berasal dari perwakilan dosen masing-masing fakultas di lingkungan Universitas Udayana serta startup dan UMKM binaan Inkubator Bisnis LPPM Universitas Udayana. 

Ketua Inkubator Bisnis LPPM Universitas Udayana Dr. drh. Desak Nyoman Dewi Indira Laksmi, M.Biomed. menyampaikan saat ini inkubator bisnis Universitas Udayana sedang melakukan hilirisasi produk-produk invensi/hasil-hasil riset menjadi produk yang bernilai komersial. Produk atau teknologi yang dikomersialisasikan tentu diharapkan dapat memberikan solusi untuk masalah nyata serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Salah satu program untuk mendukung proses komersialisasi hasil riset dosen adalah Perusahaan Pemula Berbasis Riset (PPBR). PPBR merupakan pembiayaan untuk calon perusahaan startup / rintisan berbasis hasil riset Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) agar siap untuk menjadi perusahaan pemula yang mendatangkan keuntungan (profitable) dan berkelanjutan (sustainable). Pada kesempatan ini pihaknya juga menyampaikan harapannya agar semakin banyak dosen-dosen berminat untuk mengajukan proposal PPBR sehingga akan semakin banyak hasil riset dosen di lingkungan Universitas Udayana bisa dihilirisasi. 

Setelah dibuka, acara dilanjutkan pemaparan materi dari narasumber yaitu Dr. Ferry Rahmadhan, S.T., M.Si selaku Koordinator Fungsi Inkubasi PPBR Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Pemaparan materi dipandu oleh moderator yaitu Ni Wayan Sri Sutari, S.P.,M.P selaku Dosen Fakultas Pertanian Universitas Udayana.

Dalam pemaparannya narasumber menyampaikan tentang pedoman program Perusahaan Pemula Berbasis Riset (PPBR), mekanisme/alur pendanaan, persyaratan pengusul, ketentuan pendanaan, panduan penggunaan anggaran pendanaan RIIM-PPBR, format proposal, serta petunjuk penggunaan sistem informasi call for proposal (CFP). 

https://www.unud.ac.id/in/berita5866-Inkubator-Bisnis-LPPM-Universitas-Udayana-Gelar-Sosialisasi-Perusahaan-Pemula-Berbasis-Riset-PPBR-.html(gix)


TAGS :

Komentar