BEM FK Unud Gelar Kerja Sosial Hippocrates  di Alas Pujung  Desa Taro

Pelayanan kesehatan mata salah satu kegiatan KERSOSHIPP XXIII BEM FK Unud   di Alas Pujung  Desa Taro

GIANYAR,Balitopnews.com - Badan Eksekutif Mahasiswa  (BEM) FakultasKedokteran Unversitas Udayana melaksanakan KERSOSHIPP atau Kerja Sosial Hippocrates ke-22 dengan tema"Marbuka Ancas Sumringah" di Banjar Alas Pujung, Desa Taro Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar Bali.

Ketua Panitia KERSOSHIPP ke-22, Justin Keane Adhinata Santosa mengatakan, KERSOSHIPP  berlangsung selama tiga hari 19, 20, dan 22 Agustus 2023, para mahasiswa dari enam program studi di FK Unud akan mengikuti berbagai kegiatan sebagai bentuk pengabdian masyarakat.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat di Alas Pujung Dipilihnya banjar tersebut, didasari pada hasil survei bahwa wilayah ini paling membutuhkan dibanding daerah lainnya. Ditambahkanya, program utama yang dijalankan oleh KERSOSHIPP XXII  dalam bidang kesehatan mata dengan memberikan pelayanan kesehatan gratis berupa pemeriksaan mata, pemberian kacamata gratis, dan melaksanakan operasi katarak bagi warga setempat.

Adapun pelayanan kesehatan mata ini tidak luput dari kontribusi John Fawcett Foundation yang turut berkontribusi akan keberhasilan KERSOSHIPP XXII dalam memberikan masyarakat di Alas Pujung penglihatan yang
lebih optimal. Demikan juga dengan kondisi kesehatan lainnya yang kurang bagus sehingga perlu pelayanan Kesehatan  dengan pengecekan tensi, kadar gula, kolesterol, asam urat dan lainnya. Justin Keane menambahkan, program yang juga mendapat perhatian mahasiswa adalah sektor pertanian yang masih perlu lebih banyak dibenahi agar lebih efisien.

“Kami dari KERSOSHIPP, juga menggandeng pondok tani, yang akan memberikan penyuluhan pertanian hidroponik untuk membantu kehidupan warga setempat,” tuturnya.


Selain acara tersebut, mahasiswa juga menggelar aksi sosial bagi-bagi sembako yang dikenal dengan ‘Berkah FK’. Harapannya, bantuan tersebut dapat berdampak positif bagi masyarakat di Alas Pujung.

Ditambahkan Justin Keane, saat penyuluhan dan pelayanan kesehatan, pihaknya melibatkan para dokter maupun relawan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sekitar dan edukasi mengenai first aid atau pertolongan pertama

Pelayanan kesehatan dan penyuluhan ini penting dilakukan karena akses warga ke Puskesmas terbilang jauh sekitar 10 kilometer karena termasuk wilayahnya perbukitan. Diakuinya, dengan akses jalan ke Puskesmas lumayan jauh sehingga warga Alas Pujung, rata-rata warga malas pergi ke dokter sehingga pihaknya melakukan pelayanan kesehatan bersama dokter untuk melakukan pengecekan tensi, diabetes, asam urat dan lainnya serta penyuluhan pertolongan pertama berkolaborasi dengan Tim Bantuan Medis Janar Duta FK Unud. (Rls/Btnc) 


TAGS :

Komentar