117 Mahasiswa Asing Ikuti Program On Asian Studies di Universitas Udayana 

Opening Ceremony and Orientation Day Bali International Program on Asian Studies (BIPAS) Autumn Semester 2023

DENPASAR, Balitopnews.com - Program BIPAS Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud) menyelenggarakan "Opening Ceremony and Orientation Day Bali International Program on Asian Studies (BIPAS) Autumn Semester 2023"  di Widya Sabha Mandala Prof. Dr. Ida Bagus Mantra FIB Unud Kampus Nias Denpasar, Selasa (5 September 2023).

Anak Agung Sagung Shanti Sari Dewi, SS.,M.Hum selaku Koordinator Program BIPAS  menyampaikan pada semester sebelumnya pelaksanaan program BIPAS berlangsung secara hybrid yaitu gabungan antara online dan offline, dan pada semester ini BIPAS tidak lagi diselenggarakan secara online, seluruh proses pembelajaran dilakukan secara offline di Kampus BIPAS Bukit Jimbaran dengan dukungan berbagai media online. Mahasiswa BIPAS pada semester ini berjumlah 117 orang yang berasal dari 18 negara meliputi Austria, Bulgaria, Kanada, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, Iran, Kosovo, Lithuania, Maroko, Belanda, Norwegia, Serbia, Slovakia, Turki, Ukraina, AS. Program BIPAS di semester ini menawarkan 14 mata kuliah pada berbagai bidang studi, dimana setiap mahasiswa dapat memilih tiga hingga tujuh mata kuliah. Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah wajib bagi semua mahasiswa BIPAS.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama & Informasi Prof. I Putu Gede Adiatmika menyampaikan mahasiswa BIPAS akan mengikuti kegiatan perkuliahan selama enam bulan dan mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengenal  Universitas Udayana dengan berbagai aktivitasnya sesuai kurikulum dan juga mengetahui tentang Bali khususnya dan Indonesia pada umumnya. 

Wakil Rektor juga memberikan beberapa pesan penting terkait apa yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan selama menjalani perkuliahan di Unud mengingat banyaknya area suci yang dimiliki Bali. Selama berada di Bali, mahasiswa akan menemukan banyak area yang menarik untuk dijadikan foto untuk diupload di Instagram/sosial media lainnya, namun perlu diketahui juga beberapa area yang terlarang ada di Bali.(rls)


TAGS :

Komentar