Fakultas Teknik Unud Gelar Seminar Nasional Transformasi Energi Berkelanjutan untuk Indonesia Maju

Seminar Nasional dengan tema "Transformasi Energi Berkelanjutan Untuk Indonesia Maju: Peran Pendidikan, Inovasi dan Teknologi"

MANGUPURA, Balitopnews.com  - Fakultas Teknik Universitas Udayana menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema "Transformasi Energi Berkelanjutan Untuk Indonesia Maju: Peran Pendidikan, Inovasi dan Teknologi" di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran, Selasa (26 September 2023). Seminar Nasional ini diselenggarakan serangkaian Dies Natalis Ke-61 Universitas Udayana dan Badan Kekeluargaan Fakultas Teknik (BKFT) ke-58.

Seminar menghadirkan tiga narasumber yakni Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PAN Prof. Dr. Zainuddin Maliki, M.Si yang bergabung secara daring dengan materi Pendidikan Energi Berkelanjutan Dan Inovasi Teknologi Energi Pada Perguruan Tinggi, Tantowi Yahya President of United in Diversity Foundation dengan materi Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Melalui Transformasi Energi, dan Prof. Ida Ayu Dwi Giriantari Head of Center of Excellence in Community Based Renewable Energy (CORE) Udayana University dengan materi Bali Towards Net Zero Emission 2045.

Dekan Fakultas Teknik Unud Prof. Linawati mengatakan seminar ini mengambil topik hangat saat ini yakni transformasi energi, karena sekarang ini dalam berbagai rapat dan pertemuan penting negara semuanya membahas tentang transisi energi, karena energi ini sangat berdampak karena di negara berkembang masih banyak menggunakan energi fosil. Dari itulah pihaknya dalam memperingati BKFT yang ke-58 dan juga merayakan Dies Natalis Universitas Udayana yang ke-61 menyelenggarakan kegiatan ini.

Sementara Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara menyampaikan bahwa ketergantungan Indonesia pada energi fosil telah menjadi tantangan yang besar dalam menjaga ketahanan energi dan pertumbuhan yang berkelanjutan. Selain  dampak ekonomi, penggunaan energi fosil juga memiliki dampak serius terhadap lingkungan dan masyarakat. Oleh karena itu, beralih ke energi terbarukan dan berkelanjutan dirasa akan dapat mengatasi berbagai permasalahan  tersebut. 


https://www.unud.ac.id/in/berita5983-Fakultas-Teknik-Universitas-Udayana-Gelar-Seminar-Nasional-Transformasi-Energi-Berkelanjutan-untuk-Indonesia-Maju-Peran-Pendidikan-Inovasi-dan-Teknologi.html(gix)


TAGS :

Komentar