BEM Universitas Udayana Gelar Lomba Sastrakara 2023

Kegiatan serangkaian Dies Natalis ke-61 Universitas Udayana ini dibuka Sekretaris Unit Pengembangan Ormawa Unud, Ni Nyoman Clara Listya Dewi mewakili Wakil Rektor Unud Bidang Kemahasiswaan.

MANGUPURA, Balitopnews.com - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Udayana menggelar Lomba Sastrakara 2023, Sabtu (30 September 2023) di Ruang Madya Gosana, Gedung DPRD Kabupaten Badung. Kegiatan serangkaian Dies Natalis ke-61 Universitas Udayana ini dibuka Sekretaris Unit Pengembangan Ormawa Unud, Ni Nyoman Clara Listya Dewi mewakili Wakil Rektor Unud Bidang Kemahasiswaan.

Ketua Panitia Luh Tia Maharani melaporkan adapun tema Lomba Sastrakara 2023 adalah mengenal keberagaman budaya. Ada 3 kegiatan serangkaian Sastrakara 2023 yakni lomba budaya Bali pada tanggal 30 september, Seminar Nasional pada 7 Oktober, dan puncak acara pada 29 Oktober 2023 dengan kegiatan Pagelaran Budaya. 

Tia menambahkan lomba kali ini meliputi
Lomba Gender Wayang diikuti 9 orang, Nyurat Lontar tingkat SMA/SMK diikuti 23 orang, Lomba Mekekawin tingkat SMA/SMK diikuti 17orang, Lomba Palawakia tingkat mahasiswa diikuti 8 pasang, dan Lomba Esai Kebudayaan tingkat mahasiswa diikuti 10 peserta.

Ketua Dies Natalis Universitas Udayana, I Gede Pasek Pramana, SH. MH mengatakan isu budaya dipilih dalam  lomba kali ini bertujuan untuk melestarikan budaya Bali di kalangan generasi muda. 

"Hal ini sejalan dengan tema Dies Natalis Unud ke-61 yakni "Membangun Sinergi Menciptakan Prestasi," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Departemen Kebudayaan BEM Unud,  I Gusti Ngurah Made Prabaswara menyampaikan Sastrakara merupakan program kerja Departemen Kebudayaan BEM Unud yang fokus pada upaya menjaga dan melestarikan budaya Bali.

"Besar harapan saya melalui lomba ini terlahir insan-insan yang bisa melestarikan budaya Bali dan tidak tergerus oleh kemajuan zaman," sebutnya.


Sedangkan Sekretaris Unit Pengembangan Ormawa Unud, Ni Nyoman Clara Listya Dewi mengatakan Sastrakara diinisiasi sejak tahun 2015 lalu.  Lomba ini, menurutnya dapat memberi manfaat kepada para siawa dan mahasiswa untuk bisa mengembangkan diri dan menyalurkan bakat di bidang kebudayaan Bali.

"Selamat kepada BEM Universitas Udayana, semoga kegiatan lomba hari ini berjalan dengan baik dan lancar," tutupnya.(gix)

Ket. Foto : Penancapan wayang tanda dimulainya Lomba Sastrakara 2023


TAGS :

Komentar