BKKH FKH Ke-40, FKH Unud Gelar Vaksin Rabies di Desa Gulingan

Kegiatan Pemberian Vaksin Rabies di Desa Gulingan serangkaian HUT BKKH FKH UNUD ke-40

MANGUPURA, Balitopnews.com - Dalam rangka World Rabies Day dan BKKH FKH Ke-40, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, PDHI Bali, dan Forum Dokter Hewan Peduli (FDHP) menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa vaksinasi, KIE, dan sterilisasi Hewan Penular Rabies (HPR) sebagai upaya pembebasan rabies di Bali, Jumat (6 Oktober 2023) di salah satu desa wisata di Bali, yakni Desa Gulingan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. 

Dekan FKH Unud, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suartha, M.Si., menyampaikan sebagai desa wisata, masyarakat Desa Gulingan berkewajiban memberi rasa aman dan nyaman kepada wisatawan yang salah satunya dengan menjamin desa bebas dari penyakit rabies.

Program vaksinasi rabies menyasar 13 Banjar, meliputi Banjar Angkeb Canging, Babakan Kangin, Babakan Kawan, Badung, Batulumbung, Dharmayasa, Lebah Sari, Munggu, Sedahan, Tengah Kaler, Tengah Kelod, Ulun Uma Badung, Ulun Uma Wedan. Vaksinasi tidak hanya dipusatkan di banjar saja tetapi dilakukan secara door-to-door. Didapati jumlah HPR yang berhasil divaksinasi sebanyak 530 ekor anjing dan 44 ekor kucing. 

Adapun program KIE yang dilaksanakan berupa kegiatan sosialisasi rabies kepada anak-anak di tiga sekolah dasar, yakni SDN 3, SDN 4, dan SDN 6 Gulingan. Sosialisasi ini berisi edukasi kepada anak-anak seputar hewan penular rabies, ciri-cirinya, serta pencegahan dan penanganan awal terhadap gigitan HPR. 

Selain vaksinasi dan KIE, diselenggarakan pula program sterilisasi anjing dan kucing yang dipusatkan pada Banjar munggu. Diketahui jumlah HPR yang disterilisasi sebanyak 16 ekor, terdiri dari kastrasi anjing 8 ekor, kastrasi kucing 2 ekor, dan ovariohysterectomy (OH) anjing sebanyak 6 ekor. Pelaksanaan sterilisasi bertujuan untuk mengurangi jumlah populasi HPR sehingga dapat menekan penyebaran virus rabies. 

https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3753-RATUSAN-EKOR-HPR-DI-DESA-GULINGAN-BERHASIL-DIVAKSINASI-DALAM-RANGKA-PERINGATAN-WORLD-RABIES-DAY-DAN-BKKH-FKH-KE-40-FKH-UDAYANA.html(gix)


TAGS :

Komentar