FK Unud Berikan Pendidikan Seksologi bagi Para Dokter

Kegiatan berupa pendidikan seksologi bagi para dokter

DENPASAR, Balitopnews.com - Fakultas Kedokteran Universitas Udayana melalui Departemen Andrologi dan Seksologi kembali menyelenggarakan Pendidikan Intensif Seksolog (PIS) tingkat dasar, yang kali ini memasuki angkatan ke tujuh belas, (10-12 November 2023, bertempat di Ruang Prof. dr. I Goesti Ngoerah Gde Ngoerah, Gedung Fakultas Kedokteran, Denpasar, diikuti para dokter dan sarjana lain terkait bidang seksologi yang terpilih secara selektif, yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. 

PIS XVII ini melibatkan empat orang pengajar dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana sebagai narasumber, yaitu; Prof. Dr. dr. Wimpie Pangkahila, Sp.And, Subsp.SAAM, Prof. Dr. dr. Alex Pangkahila, M.Sc., Subsp.SAAM,  dr. Made Oka Negara, M.Biomed, dan  dr. IGN Pramesemara, Biomed, Sp.And. 

Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan FK Unud, Dr. dr. I Gede Eka Wiratnaya, Sp.OT(K)  disambung sambutan pengantar oleh Prof. Dr. dr. Wimpie Pangkahila, Sp.And, Subsp.SAAM, tentang semangat untuk mengadakan kembali pendidikan seksologi di tengah maraknya mitos, hoax, dan disinformasi tentang informasi seks, terutama di platform media sosial, yang justru dilakukan oleh para dokter dan kalangan terdidik. 

PIS XVII ini dimulai dengan pretest, diakhiri dengan posttest, terdiri dari kuliah, diskusi, dan laporan kasus. Kuliah yang diberikan meliputi : Pengertian Dasar Seksologi, Sejarah Perkembangan Seksologi, Perubahan Perilaku Seksual di Indonesia, Hetero-homoseksualitas, Mitos Seksual, Fantasi Seksual, Variasi Seksual, Siklus Reaksi Seksual, Disfungsi Seksual Pria, Disfungsi Seksual Perempuan, Hormon dan Seks, Seks Sebagai Indikator Status Kesehatan, Pola Hidup Sehat Untuk Mempertahankan Fungsi Seksual, Konseling Seksual, Sex Therapy, dan Laporan Kasus Masalah Seksual.

Seluruh peserta berhasil menyelesaikan acara ini dan lulus sebagai peserta didik PIS. Sebagian besar menyebutkan mendapatkan manfaat yang besar telah didapatkan setelah mengikuti pendidikan tingkat dasar ini. Selanjutnya berminat untuk mengikuti pendidikan tingkat lanjut.

https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3937-FK-Unud-Berikan-Pendidikan-Seksologi-Bagi-Para-Dokter-dan-Peminat-Seksologi-di-Indonesia.html(gix)


TAGS :

Komentar