Mahasiswa MBKM Bina Desa Abuan Unud Buat Inovasi Produk Bio-Urine 

Mahasiswa MBKM Bina Desa Abuan Unud Buat Inovasi Produk Bio-Urine 

BANGLI, Balitopnews.com - Universitas Udayana  melalui Biro Kemahasiswaan menyelenggarakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri Bina Desa, di Desa Abuan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Senin (15 Januari 2024).

Berdasarkan hasil riset sederhana dan survei, Tim Bina Desa Abuan mendapatkan informasi bahwa terjadi penurunan kualitas pohon jeruk yang berpengaruh terhadap produktivitasnya. Keterangan yang diperoleh dari beberapa informan yang berkaitan menimbulkan hipotesis bahwa menurunnya kualitas pohon jeruk diakibatkan oleh kandungan tanah. Dengan adanya permasalahan tersebut Tim Bina Desa Abuan membawa gagasan program penyehatan lahan menggunakan media bio-urine sebagai pupuk cair dalam meningkatkan kualitas lahan yang cenderung sudah rusak agar dapat lebih produktif. 


Pada pelaksanaan program utama yaitu penyehatan lahan menggunakan bio-urine dilakukan pada lahan percontohan (demonstration plot) seluas 1 are dan diawali dengan melakukan modifikasi terhadap kandang sapi yang dijadikan sebagai sarana utama mendapatkan produk bio-urine. Proses penyehatan lahan menggunakan media bio-urine selama kurun waktu 2 bulan, dilakukan delapan kali penyiraman bio-urine pada lahan percontohan secara rutin, mulai terlihat perubahan lahan yang dianalisis melalui beberapa indikator sifat tanah yaitu sifat biologi, fisika, dan kimianya dengan perbandingan tanah yang tidak disiramkan bio-urine. Melalui analisis beberapa indikator sifat tanah tersebut dapat disimpulkan bahwa berdasarkan keragaman spesies tanah yang hidup, karakteristik fisik dan struktur tanah, serta reaktivitas kimia tanah, lahan dengan penerapan penyehatan lahan menggunakan bio-urine tergolong subur dibandingkan lahan yang tidak menggunakan bio-urine. 

https://www.unud.ac.id/in/berita6235-Mahasiswa-MBKM-Bina-Desa-Abuan-Universitas-Udayana-Membuat-Inovasi-Produk-Bio-Urine-Hingga-Mencatatkan-Kekayaan-Intelektual-Desa.html(gix)


TAGS :

Komentar